Rabu, 10 September 2014

The Liar and His Lover (カノジョは嘘を愛しすぎてる) 2013


Entah mengapa gue memilih topik film ini sebagai tulisan pertama ini. Mungkin karena gue termasuk pemerhati film-film jepang yg bonefit, hehe (apaan sih). Dan dari beberapa movie yg gw tonton dalam tempo seminggu ini, movie ini adalah yg paling ngena dihati.

http://asianwiki.com/File:The_Liar_and_His_Lover-p2.jpg


Langsung aja, film ini menurut gue termasuk dalam jajaran T.O.P. perfilman Jepang. Bisa dilihat dari rating http://www.imdb.com/ dengan nilai 7.3, dan masuk 10 besar box office selama 1 bulan lebih dihitung dari pekan-3 dari rilis (14 Desember 2013). Berjudul asli Kanojo wa Usho Wo Aishisugiteru (カノジョは嘘を愛しすぎてる) atau dalam bahasa Inggris The Liar and His Lover, atau secara harfiah gaul nya Cewek yang suka ama Pembohong
(*ketauan ga bisa Bahasa Jepang), merupakan movie yang diadaptasi dari manga yang cukup familiar dan sekarang masih berjalan (On Going). Kalo di Indonesia kan Novel, nah di Jepang itu Manga lebih hits. Gue sendiri belum pernah baca itu manga, tapi setelah nonton film ini perasaan yang pertama kali muncul adalah sama ketika pertama kali lihat film Heart nya si Acha dan Irwanshah. So buat kalian yg ngerti banget ama Heart, ga disaranin nonton film ini. Ketagihan! hehe. 

Yang bikin gue tertarik adalah si aktor utamnya: "Takeru Sato". Kalo yang suka Jepang pasti tau, dia lah pemeran Rurouni Kenshin yang juga sudah menjadi aktor terkenal berkat aktingya baik di Drama maupun Layar lebar lainnya. Untuk pemeran yang lainnya bisa dilihat di Wiki wiki yak? :)) Eh ada yang paling penting ding, si produsernya itu pada tau? Kalo anak 90-an pasti tau, dia adalah pemeran Onizuka di GTO. Ngehits di eranya gue.. haha








Movie ini bisa dibilang masuk kedalam genre: drama romance. Bisa juga dikelompokan kedalam musical movies, karena secara garis besar movie ini bertemakan Industri Musik yang busuk dibalik keindahan bingkisan yang muncul di telinga penikmatnya. Walaupun, lagu-lagunya sedikit sih. Tapi itu hlo, lagunya bermakna... seperti lagu-lagu Jepang pada umumnya (Walau jika diterjemahin ke Indonesia rada-rada aneh, tapi kalo dipahami lebih bisa bermakna Tinggi).




Sepintas tentang movie: Alkisah, lahirlah seorang AKI-ya Ogasawara (Takeru Sato) yang memiliki bakat di dalam memaknai hidupnya, dan menyiratkannya kedalam irama dan lirik. Keberadaan Aki (25th) tidak banyak diketahui umum, baik wujud fisik, suara, maupun alamat hidupnya, melainkan dia seorang mantan Personil grup band SMA (bassis) yang yang dulu naik daun dan kini Band tersebut terkenal seantero Negeri dalam film ini.  Walaupun dia sudah keluar, tapi ternyata doi masih terlibat dalam semua produksi lagu-lagu yang selalu BOOMING dari grup band bernama CRUDE PLAY itu. Ia mendapat uang yang sangat banyak, walau ia tidak terlihat kontribusinya oleh umum bersama band tersebut (orang di dibalik layar, yang tidak diketahui wujudnya). Kok bisa? Di dalam movie ini nanti akan dijelaskan bagaimana kisah hidup aki yang kini sangat kaya, namun dia tidak bisa menikmati kehidupan seperti manusia normal (terlebih dengan kekayaan yang ada). Selain tampan dan unik, Aki sendiri digambarkan sebagai seseorang yg mahir menggunakan alat musik. Namun, ada satu alat musik yang tak pernah ia gunakan didepan siapa pun sama sekali setelah ia keluar dari CP, yaitu Bass. 



Suatu ketika, Aki tengah menikmati kebencian yang ia hadapi (dari kehidupan, music, dan cinta) di pinggir danau bersama remote control kesukaanya. Ditengah perenungannya akan kehidupan yang udah dijalanin tersebut, Aki bertemu seorang gadis SMA yang tanpa ia sadar mendengarkan Aki menciptakan nada-nada baru yang terpintas dibenaknya (di scene film ini AKI seperti orang lg menerima Wahyu). Gadis itu bernama RIKO Koeda (17th) (Sakurako OHARA). Riko sendiri terpesona akan nada-nada yang dilantunkan oleh Aki. Disini Riko digambarkan sebagai gadis yang meyukai musik, dan bisa merasakan perasaan Aki hanya sebatas dari nada tersebut. Dari sinilah mereka berkenalan melalui perkenalan yg aneh namun bermakna. Saat itu Aki sendiri hanya terpintas beberapa bait syair dari lagu tersebut, dan dari bait itulah mereka berkenalan. Namun lucunya, Aki menutupi siapa dia sebenarnya dengan mengenalkan diri sebagai Ogasawara Shinya (Shinya, bassis CRUDE PLAY kini).



Riko sendiri bukan tanpa kisah, movie ini menurut gue menggambarkan dua keadaan kedalam satu film. Selain Aki, sisi Riko pun ikut digambarkan. Riko dikisahkan mengidolakan CRUDE PLAY terlebih lagi Aki (sosok yang tidak diketahui siapa pun, namun banyak yg ngefans (aneh lagi). Eh, karena karyanya buat CP dong pastinya). Riko ini juga memiliki Band yang baru saja terbentuk dari teman-teman (dua orang) sekelasnya dan hendak diorbitkan oleh promotor dimana CRUDE PLAY bernaung. Nama band itu Mush&Co, (aneh nih namanya). Dalam perjalanan menuju musisi Profesional (Dibawah arahan Shinya CP), Riko mulai keluar masuk studio tempat CRUDE PLAY berlatih dan rekaman. Suatu waktu Riko mendengar lagu yang baru dirilis oleh CRUDE PLAY. Ternyata lagu ini adalah lagu yang ia dengar saat perkenalannya dengan Aki. Dari situlah Riko mengetahui bahwa aki telah membohonginya dan tau siapa sebenarnya orang yang telah ia rasakan "kejujuran" nada-nadanya itu, melalui lagu baru tersebut.


Kisah Cintanya dimana? Yak, kisah cintanya mungkin terdengar lucu jika dituliskan disini. Namun ketika lo melihat Movienya, pasti lo bisa merasakannya. Awal mula muncul Cinta adalah dari seorang Riko, berasal dari bait yang muncul dan terdengar oleh Riko tadi. Bait itu adalah "Pandangan Pertama". Bait ini yg menjadi epic dari kisah mereka nantinya. Walaupun saat bertemu pertama kali di danau Aki telah berbohong, namun Riko jatuh cinta karena nada yang ia dengar, menurut ia, adalah suara yang jujur dari dalam hati. Suara disini maksudnya nada dan beberapa bait lirik yang muncul. Mungkin karena Riko diceritakan sebagai orang yg peka terhadap nada dalam lagu. Inilah yang menggambarkan sedikit tentang judulnya, Si Aki yang merupakan Pembohong dan orang yang mencintainya. {EH, tapi masih ada kebohongan yg lainnya di tengah movie}. Hingga tiba suatu waktu dimana Lagu yg ia dengar tersebut, adalah lagu yang ditujukan untuk seseorang yang sangat dekat diantara mereka.


Lalu apakah si Aki juga mencintai Riko? ataukah Cinta si Riko bertepuk sebelah tangan? Hmmmm.. bisa kedua-duaya, bisa juga salah satunya gaess.. hahaa.. Aneh kan? Makanya, langsung aja liat movienya yess. Sudah beredar di dunia maya *eh. Mulai dari Suara berakhir dengan sebuah Suara. Nantinya Aki akan menciptakan sebuah lagu yang menggambarkan perasaannya pada Riko sebenarnya. Yang jelas kisah mereka dibumbui oleh kalimat "Menjaga" yang membuat cerita nya semakin "WAAAAH". Inilah yang bisa menempatkan Movie ini kedalam TOP Recommended movie, bagi penggiat drama Jepang seantero Indo. Walaupun, perlu sedikit waktu untuk mensinkronkan subtittle dengan keadaan di gambar.

Jujur saja, film ini menurut gue bakalan terkesan aneh dan lucu buat orang normal pada umumnya. Walaupun kalian pasti bisa merinding kalo denger lirik dan lagu endingnya. Aneh nya dimana? Sisinya anehnya pasti kalian menyadari ketika karakter Si Riko yang bisa "merasakan" nada-nada dari seorang Aki. Dalam hal ini memahami sesuatu seperti layaknya seseorang belajar dengan membaca buku, namun Riko melalui Nada. Seolah dipaksakan agar pas, Aki yang pandai menceritakan apa yang dia alami melalu Lagu, sedangkan Riko bisa membaca perasaan seeorang dari lagu yang diciptakan. Aneh bukan?









Namun bagi gue, ternyata semua itu bisa saja terjadi di dunia nyata hlo. Untuk sosok Aki sendiri, sudah banyak musisi yang bisa seperti dia. Ya contoh aja Bethoveen, Chrisye, Bruri Marantika, Leonardo Da Vinci, Leonardo Bonucci (*Lah). Nah Untuk sosok seperti Riko ini awalnya gue juga merasa aneh. Namun gue akhirnya teringat salah seorang teman gue. Jadi ceritanya dulu gue pernah ngedengerin dia sebuah musik. Dia bener-bener ga bisa bahasa jepang, ga bisa ngerti maksud lirik lagu yg gue nyalain waktu itu. Tetapi anehnya temen gue ini bisa ngerti ini lagu galau, atau ini lagu bernada semangat tapi galau, dan komen-komen lainnya hanya dari mendengarkan Nada. Jadi emang sense untuk membaca Nada-Nada itu ternyata ada dimiliki manusia nyata. Tapi mungkin ga semua orang bisa merasakannya. Nah, mungkin si Riko disini termasuk orang yang memiliki kemampuan luar biasa seperti temen gue ini. Jadi jangan salah ya, ternyata memang orang seperti itu ada.




Baytheweyyy, Berikut ini beberapa scene yang ngeheekkkk banget. Alias, ngenaaa.... Temukan gambar-gambar berikut di film agar kalian lebih merasakan "FEEL"nya..! :D


























Dari berbagai Scene diatas, satu hal yang patut digaris bawahi (beneran digaris bawahi di layar monitor?) memang bagian ending nya lah yang yang paling bikin melted seperti love romance lainnya.
Puncak cerita? Ada banyak versi dari teman-teman blogger yg sudah meliat movie ini. Ada yang mengatakan puncaknya ada dia akhir movie, ada juga yang berpendapat bahwa puncaknya ada di Lagu andalan Riko (Chippoke na aino uta). Udah kaya ulama ya banyak perbedaan pendapat, haha.. 

Tapi, puncak dari ending movie ini menurut versiku adalah ketika Aki akhirnya menunjukkan suara Bassnya kepada satu-satunya orang (Siapa dia??? Sudah ketebak digambar kan ya -,,-) dan akhirnya (juga) saat itu ia menceritakan (kepada penonton) bahwa ternyata ia punya perasaan aneh saat pertama kali mendengarkan suara teriakan Riko. Yaitu saat pertama berjumpa di danau (ketika itu jualan Riko terjatuh karena terpesona *cieee... nada temuan Aki, dan berteriaklah dia). Karena saat Aki berkata begitu, pikiran gue langsung flash back kebelakang, yaitu:

1. Saat di mana ada subtitle aneh yang "terkesan" terpotong yang berbunyi "waaa.. suara kamu.." setiap kali bertemu Riko/saat Riko berteriak (ada dua keadaan dimana ia berteriak, liat filmnya deh :D).

2. Saat Shinya "Membodohkan" Aki karena tidak bisa mengenali suara yang indah ini (suara si RIKO). Padahal kenyataanya? Ada di ending Movie itu. :D



Hingga akhirnya, keluarlah Casting para pemainnya. hahaha
Lagu di Endingnya inilah lagu penutup yang manis, yang bisa kalian rasakan baik dari irama, nada, liriknya dan suara si RIKO. Yang juga mengungkap isi hati Aki sebenarnya.



Eit, tapi tunggu dulu. Jangan keburu di Close Movie nya ya! Ini Tips yang harus diingat ketika lo lihat Film ini. Ada sesuatu diakhir film! :))


Dua Jempol untuk Film ini, dan yang pastinya Movie ini: RECOMMENDED!

This is the Trailer:


 Berikutnya gue akan membedah lagu dari Ending Film ini ya. "Chippoke na Aino Uta."



Sumber foto:
1. asianwiki.com
2. eunikenny.blogspot.com





8 komentar:

  1. mmg keren bgt nih movie.. sempat ga bs move on setelah liat film ini... hihihih
    thanks for visiting my blog http://eunikenny.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. cari filmnya dimana yaaaa? bisa beli dimana sih, udah lama cari belum dapet2...pengen banget nonton aktingnya Takeru Satoh main bass.

    BalasHapus
  3. Nice Post....
    salam kenal gan, jangan lupa mampir juga di blog ane gan,
    Www.AgenVimaxAsli.Com
    Www.Retirescience.Blogspot.Com

    BalasHapus
  4. Adegan plg lucu pas Riko gak sengaja curi stringray aki

    BalasHapus
  5. iya semua scene film mengena banget dihati. gue terlalu sering nonton movie romance jepang kek bgini bawaannya bikin nagih. baper juga dibuatnya. terharu. campur aduk. pokoknya sukses terus buat takeru sato dan sakurako ohara. gue masih stalking karya2 mereka..wkwk dorama maupun movienya. :D

    BalasHapus
  6. oiya, jangan lupa kunjungi blogku. www.kirito-loverz.com

    BalasHapus
  7. Salah 1 korbannya. Awal nnton filmnya sampe sekarang blm bisa moveon telat bangett batu tau ini film. Gila diulang" trus filmnya ga bosan lagu ceritanya semuanya. Ga tau mau bilang apa lagi si takeru sato emg ganteng parah gila. Sampe gua nnton smua film si sato ini wkwkwkwkwkwk. Thank buat penjelasan nya 😊

    BalasHapus